PILAR NUSANTARA


PILAR NUSANTARA

ARTI LAMBANG
Lambang Pulau
Pulau – pulau yang tersebar dari Sumatera sampai Irian jaya adalah pulau yang menjadi wilayah negara Indonesia yang bernaung dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5 ( Lima ) orang menyangga pulau- pulau.
Melambangkan 5 sila Pancasila yang diwakili oleh sosok manusia yang berjumlah 5 orang dan melambangkan bahwa 5 pemikiran lebih baik dari 1 pemikiran dalam arti kata pemikiran banyak orang akan membuahkan solusi yang lebih baik daripada pemikiran satu orang.

Warna Merah Putih
Melambangkan warna bendera Indonesia dan menegaskan bahwa PINUS ingin menjadi bagian dari kemajuan Indonesia melalui program yang dijalankan oleh PINUS.
Pita Biru
Melambangkan bahwa Indonesia mempunyai biru laut yang luas yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yang membatasi antara satu pulau dengan pulau yang lain.

ARTI KESELURUHAN
PIlar NUSantara adalah lembaga swadaya masyarakat yang bersatu dan mempersatukan sumber daya manusia yang ada di Indonesia yang berasaskan Pancasila dan berjiwa Merah Putih dengan tujuan mempersatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PROGRAM GARAPAN
Garapan yang akan dilakukan oleh PIlar NUSantara diantaranya :
1. Bidang Pendidikan
Pinus akan melakukan pengembangan bidang pendidikan melalui cara membantu sekolah – sekolah yang memerlukan bantuan buku pelajaran dengan menggandeng instansi yang terkait dengan pendidikan dan dunia penerbitan yang menerbitkan buku pelajaran untuk dapat bersinergi dalam rangka mencerdaskan bangsa.

2. Bidang survey.
Pinus akan membentuk lembaga survey yang nantinya akan membantu lembaga manapun yang memerlukan bantuan untuk survey melalui penyediaan SDM yang dapat diandalkan dalam pengumpulan data guna penyelesaian suatu program yang diberikan pada PIlar NUSantara.

3. Pelatihan- pelatihan
Pinus akan melakukan program pelatihan bagi kaum muda agar dapat produktif dan menghasilkan suatu karya yang dapat dibanggakan seperti :
a. Pelatihan tulis menulis untuk menjadi wartawan
b. Pelatihan pemanfaatan limbah / barang bekas untuk dibuat menjadi produk yang bermutu dan berdaya guna.
c. Pelatihan kewirausahaan bagi wirasasta muda yang akan dibantu oleh mitra usaha yang sudah mapan agar dapat meneruskan usaha yang telah dijalani bagi pengusaha muda / para pemula .

4. Mengadakan seminar dan workshop
Pinus akan mengadakan seminar / workshop bagi perkembangan dunia pendidikan melalui lembaga yang berkompeten dengan dunia pendidikan agar seminar dan workshop dapat menghasilkan SDM yang unggul dimana dalam pelaksanaannya sebagai event organizer bekerja sama dengan penerbit yang mempunyai dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan.

5. Mengadakan kerjasama
Sebagai Lembaga Swadaya yang berbasis Masyarakat, PIlar NUSantara akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan lembaga lain yang terkait dalam penggalangan dana bagi kemajuan masyarakat baik dalam pendidikan maupun dalam peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungan sekitarnya serta pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan lembaga lain yang berkompeten dan mempunyai visi dan sama dengan PIlar NUSantara.

PIlar NUSantara selalu berupaya untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat agar semua sumber daya manusia Indonesia mampu bersaing dengan dari luar dan mempunyai nilai jual yang tinggi dimana pada akhirnya akan mengangkat harkat derajat Indonesia dan semua itu akan dibangun oleh PIlar NUSantara melalui peningkatan mutu sdm melalui pelatihan yang berhasil guna dan tepat guna.

KESEKRETARIATAN
Adapun kesekretariatan PIlar NUSantara adalah :
Alamat : Jl. Saledri No. 40

Kota : Bandung
F. SUSUNAN PENGURUS
Pilar Nusantara mempunyai susunan pengurus :

Pengurus Inti PIlar NUSantara :
Ketua Umum : Dody Iskndar,SH
Ketua Harian : Dadan Karmawan,SH
Sekretaris : Benny Kurniawan
Bendahara : Denden

Komisi – Komisi Pilar NUSantara :
– Hukum dan Ham : Dadang Yudi,SH
– Diklat : De Iman,S.Pd
– Dana & Usaha : Hendar
– Kaderisasi & Pemuda : Ridwan Hamidi,SH
– Pengembangan : Suhendi,SH
– Promosi & Kerjasama : Ediwan
Edwandi

STRUKTUR ORGANISASI PILAR NUSANTARA

Demikian struktur ini dibuat agar semua pihak dapat mengetahui bagaimana keorganisasian yang ada dalam PIlar NUSantara dan semua pihak dapat membantu pengembangan mutu pendidikan di Indonesia agar Indonesia menjadi Negara yang mempunyai nilai jual di mata Internasional.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: