The Journalist ( Bacaan wajib para pebisnis berita )


The Journalist

Buku Simbiosa Rekatama Media

The Journalist

Bagi dunia informasi bekerja sebagai journalist tidaklah dikatakan pekerjaan mudah dimana harus dapat menyajikan berita dengan baik dan benar serta mudah dipahami oleh para pembaca.

Kejayaan bangsa -bangsa besar di dunia tentu saja tidak bisa dipisahkan dari perkembangan dunia persnya. Para wartawan sebagai peliput, pengemas dan penyebar berita menjadi sangat vital dan sentral, bahkan berkat sentuhan teknologi canggih, dunia pers makin maju pesat seiring kian modernnya proses kerja para Journalist. Al hasil berita di kutub utara pun dalam hitungan detik sudah bisa dilihat dari belahan bumi selatan.

Tugas utama para jurnalis dari jaman dahulu sampai sekarang tidak pernah berubah yakni meliput dan mengemas berita. Dalam proses pengemasan dan peliputan berita itulah mencakup beberapa hal penting diantaranya :

mewawancarai nara sumber, merekan atau mencatatnya, memotret peristiwa yang terjadi dan orang-orang yang terkait di dalamnya, dengan mengumpulkan data serta fakta, menentukan sudut pandang berita , menuliskan lead, membuat judul, serta menyajikannya secara memikat untuk kepentingan pembaca, pemirsa dan pendengar.

Dalam buku ini juga ditambahkan beberapa hal penting yang menjadi landasan seorang journalist yaitu :

1. Kode etik jurnalistik

2. Undang-undang pers no. 40 tahun 1999

3. Beberapa alamat surat kabar dan media elektronik di Indonesia.

Info dan pemesanan hubungi : Dody Iskandar,SH Telp : 0853.1416.2800

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: