HARI PENDIDIKAN NASIONAL


HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Hari ini di Bandung lagi ada demonstrasi mengenai hardiknas dimana sampai saat ini pendidikan Indonesia belum menemukan sistem yang baik dan dapat diaplikasikan secara masal serta bertahan lama.

Hal ini terbukti ketika kurikulum berubah terus mulai dari kurikulum 84, 89, 94,NKBK,KBK, KTSP sehingga tetap membuat lulusannya kian rendah tiap tahunnya.

Kalau kita tengok negara tetangga kita Malaysia dapat dilihat sistem pembelajaran yang dipakai adalah CBSA ( Cara Belajar Siswa Aktif ) dimana sejarahnya adalah ketika di Cianjur menerapkan CBSA maka berbondong-bondong guru malaysia belajar di Cianjur karena ingin mengetahui sistem CBSA tersebut.

Sekarang……………
CBSA di Indonesia sudah almarhum sedangkan di Malaysia masih dipergunakan bahkan Indonesia studi banding ke Malaysia ingin melihat kemajuan pendidikan disana.

Coba renungkan…..
Bagaimana nasib anak negeri ini selalu diombang-ambing oleh ketidakpastian kurikulum yang berlaku sehingga dampak nyata adalah betapa “Dahsyatnya” UN dibanding dengan jatuhnya meteor.

Dahsyatya Apa ??????
Meteor jatuh tidak menimbulkan korban jiwa tetapi dengan adanya UN banyak korban nyawa berjatuhan karena strees dan tegang menunggu hasil UN nya.

Langkah lanjut ??????
Pendidikan kembali lagi pada pembentukan karakter bangsa melalui pengembalian pelajaran PMP, Sejarah dan pendidikan budi pekerti seperti dulu sehingga dapat terjaga mutu pendidikan di Indonesia.

Pendidikan karakter berbasis Al-Quran sangatlah cocok dicoba diterapkan karena akan membentuk akhlak yang mulia seperti yang dicontohkan pada Nabi Muhammad SAW yang diutus untuk menyempurnakan akhlak.

Semangat para guru akan sangat membantu dalam pendidikan karakter ini sehingga para guru harus mendapat perhatian yang serius dari pemerintah karena tanpa guru apa jadinya generasi muda Indonesia ini.

Sekali lagi selamat hari guru, hari pendidikan nasional semoga pendidikan Indonesia tetap jaya.

Untukmu guru, berjuangterus karena engkau adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Pilar Nusantara

Membangun Bangsa melalui pendidikan.

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: