MAY DAY ( Hari Buruh Internasional) 1 Mei 2011


PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

” Saya akan berusaha menciptakan situasi negeri kita yang aman, damai dan teratur”

Sekitar 30.000 buruh mengepung Istana Merdeka, gedung DPR/MPR, dan gedung Kementrian tenaga kerja dan transmigrasi untuk memperingati hari buruh internasional (minggu 1/5). Massa buruh berdatangan hampir dari seluruh wilayah Jabodetabek dan dari luar dimana semuanya mempunyai 1 isu sentral tentang ketenagakerjaan di Indonesia. Mereka menuntut agar pemerintah melaksanakan UU No.40 tahun 2004 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan mengesahkan RUU Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Selain itu juga para buruh menuntut agar di Indonesia adanya penghapusan sistem tenaga kerja kontrak dan penghapusan outsorcing yang sekarang masih marak di Indonesia karena dinilai sangat merugikan kaum buruh serta membuat ketidak nyamanan para buruh dalam melaksanakan kerjanya dengan sistem kontrak dan outsorcing.

Pada kesempatan yang sama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar perusahaan tidak mudah melakukan PHK ( Pemutusan Hubungan Kerja) Hal itu disampaikan dihadapan ratusan karyawan PT. Tirta Investama di cileungsi Bogor, Namun sampai saat ini PHK masih dianggap oleh para pengusaha sangat efektif dalam rangka mengurangi kerugian perusahaan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa ” sebagai kepala negara, saya akan bekerja sekuat tenaga untuk menciptakan situasi negeri kita yang aman, damai dan teratur”. Oleh sebab itu para pengusaha harus selalu menciptakan suasana yang kondusif dalam perusahaan dan selalu mematuhi aturan ketenagakerjaan yang ada di Indonesia.

Hari Buruh Internasional ( 1 Juni ) setiap tahunnya jangan hanya dijadikan agenda tahunan saja oleh pemerintah tetapi haruslah dapat memberikan solusi bagaimana mensejahterakan buruh di Indonesia dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah, para pengusaha dan serikat pekerja yang ada di Indonesia.

Dody ( Exposenews 2/5)

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: